About My Life: Awal Mengenal dunia Pemrograman

Halo-halo. Selamat merayakan Iedul Fitri bagi teman-teman yang merayakan.

Di hari dimana kita dituntut untuk Menang dan kembali Fitri, saya ingin melakukan sebuah refleksi tentang perjalanan hidup saya sejauh ini.

Dari mulai saya kenal dengan pemrograman sampai akhirnya ini tahun ke-4 saya punya pekerjaan bahkan karir di software-engineering

Yang ingin saya ceritaken disini adalah utamanya tentang karir. gimana sih awalnya saya memulai belajar sendiri pemrograman, dan gimana sih bisa akhirnya beneran membangun karir sebagai professional.

Sebenarnya saya malu menamakan diri sendiri self-taught, karena ada banyak orang orang penting yang akhirnya membentuk diri saya. mungkin mereka bukanlah mentor yang terus mendampingi saya, karena saya lebih suka belajar mandiri. tapi mereka adalah orang orang yang spark my interest di dunia komputer.

Warning: Mungkin ini akan jadi kisah perjalanan yang membosankan, lol.

Masa-masa awal

Saya akan menceritakan ini runut dr sebelum saya belajar pemrograman itu sendiri, itung-itung belajar nulis biografi, hahaha.

Dari kecil, saya ini sebenarnya cuma anak rumahan, seingat saya, saya tidak terlalu banyak keluar rumah waktu dulu karena aturan rumah yang juga cukup ketat. Tapi untungnya itu bukan hal yang membosankan karena saya cukup menyukai buku dan tentu saja komputer sedari kecil.

Masa SD saya di sekitar awal taun 2000an, banyak dihabiskan bermain playstation serta computer pentium 2 bekas yang waktu itu kebetulan bapak beli dari saudara.

Tidak hebat-hebat amat sebenarnya komputer pentium 2 saya dikala pentium 4 yang lebih hebat dan keren sudah beredar di pasaran.

Tapi justru keterbatasan device itu adalah masa masa dimana saya belajar "Make whatever available works". Alias, kalau pengen melakukan sesuatu, yaudah pake aja apa yang ada sampe batasnya gimana bisa tercapai. Nantinya akan ada kisah serupa seperti ini lagi.

Dilain sebagai anak rumahan sebenarnya saya juga anak warnet. Gimana caranya anak rumahan bisa jadi anak warnet ? ya bolos sekolah (Tuhan, semoga emak gak baca). Di masa akhir SMP hingga akhir SMA saya beberapa kali (biar ga keliatan banyak coy) bolos sekolah untuk main di warnet.

Saya mengkategorikan diri cukup jago sih untuk ukuran waktu itu, emang belum bisa ngoding dan baru bisa ngoding pas setelah SMA. Tapi saya tu di SD kalau pelajaran komputer MS.Word ngetiknya paling cepet dan bahkan udah bisa ngetik tanpa liat pas SD. (Kaya ini hal yang bisa dibanggain ae nif, nif). Eh tp skill mengetik itu penting loh buat programmer....

Pertemuan dengan Ngoding

Saya mulai berkenalan dikit tentang ngoding tu di masa SMA. waktu itu kelas X SMA.

Sebagai murid yang malas dan lebih seneng warnetan, tentu kalau ada tugas kelompok saya lebih memilih menjadi tukang bikin powerpoint.

Untuk meningkatkan demand terhadap saya sebagai tukang bikin powerpoint, dan bisa bergabung dengan kelompok teman yang pintar, saya me-levelup kan skill powerpoint saya tentunya.

Awalnya dengan teknik "Master Menu" dan Hyperlink, serta Animasi. Saya cukup jago waktu itu, tapi saya kesal, rupanya lambat laun makin banyak yang bisa meniru powerpoint bikinan saya.

Demi sikap-kompetitif-yang-salah-tempat saya ini, saya mencoba cara lain, karena galau, saya coba tanya-tanya ke guru SMP saya yang saya anggap pengetahuanya luas, Alhamdulillah nya guru SMP saya ini sangat jago dan mampu memberikan solusi.

solusi beliau ga tanggung-tanggung, belajar macro-enabled powerpoint dengan VB. waktu itu akhirnya saya beberapa kali seusai pulang sekolah SMA, merelakan diri yang biasanya ke warnet dengan alasan jam tambahan. sekarang saya ke SMP lama saya, SMP N 7 untuk di training sama guru TIK SMP saya.

Hasilnya cukup memuaskan, waktu itu akhirnya saya kalau ada presentasi nyobain pake VB di presentasi kelompok kami, salah satunya adalah membuat kuis dimana bisa tracking nilai dan memunculkan nilai akhir serta jumlah jawaban benar salah.

Saya bahkan membuat tutorialnya di youtube

My first tutorial VB. wohooo

Perkenalan dengan ngoding dan OSK

kalau diatas sekedar baru ketemu sama yang namanya ngoding tanpa bener bener tau apa sih ngoding itu. waktu kelas 11 akhirnya saya berkenalan dengan dunia perngodingan.

Ceritanya waktu itu saya liat pengumuman, ada seleksi di papan penguman sekolah, tulisanya OSN dan salah satu bidangnya Komputer.

Sebagai seorang anak yang merasa hidupnya lebih sering sama komputer ketimbang manusia, tentu saya merasa pede ingin ikut seleksi tersebut. Saya pikir, wah gila kalau tau lomba lomba tentang komputer ada mah mending ikut. tentu, saya mikir seperti itu karena semenjak SD sampe SMA saya ini minim prestasi dan hampir tak pernah ikut lomba.

Tapi betapa kagetnya saya dan sedikit mengutuki diri sendiri ketika saya lihat soal seleksinya. "kampret" batin saya, ini mah soal matematika. berikut ini contoh soalnya (diambil dr web osn komputer, ini soal taun 2012):

kampret, ini mah soal matematika !

yaah meskipun setelah selesai dan lihat soal OSN Matematika saya tambah misuh, ternyata soal saya masih gak ada apa apanya.

Yang bikin saya lebih kaget adalah, ajaibnya, entah bagaimana kok bisa tau tau saya lolos seleksi dari pihak sekolah tersebut. ya meski pas-pasan banget juga sih.

Tapi masa selanjut nya dari proses seleksi ini yang kemudian menjadi masa penentu saya juga. karena saya bersekolah di sekolah yang cukup perduli dengan lomba-lomba gitu (pada waktu itu), untuk anak-anak yang akhirnya bisa lolos ini diadakan pelatihan gitu selama beberapa waktu sebelum akhirnya di seleksi lagi.

Disitulah saya berkenalan dengan pemrograman secara utuh. waktu itu sekitar tahun 2011 dan bahasa pemrograman yang dipakai untuk lomba masih bahasa Pascal.

Saya jadi sangat tertarik dengan pemrograman. bisa bikin program kasir sederhana dengan Pascal pun rasanya sudah sangat menyenangkan ! Ya meskipun kemudian toh saya juga akhirnya tidak berhasil menjadi juara di seleksi tingkat kota di tahun pertama, dan cuma jadi juara 2 ditahun kedua dan tidak bisa lanjut ketingkat selanjutnya, saya tidak terlalu perduli.

Karena poin utamanya bagi saya bukan apa saya dapet piagam atau gak, tapi, justru pengalaman di training nya itu. Saya bersyukur waktu itu guru-guru saya mau meluangkan waktunya.

SCG: Tech Talk Before It Was Cool.

Our proud logo

Bagian terpenting selanjutnya dalam masa pertumbuhan minat saya ke dunia software engineering adalah Smansa Cyber Group.

Jadi ini adalah ekskul (yang waktu itu) baru. Saya lupa awalnya darimana, kalau tidak salah ada satu-dua kawan yang membuat grup Facebook, waktu itu namanya belum Smansa Cyber Group.

Group itu berisi orang orang yang minat dengan hal-hal yang berhubungan dengan teknologi terutama komputer, baik hardware maupun software atau bahkan design. Intinya adalah wadah sharing.

Berselang beberapa waktu, akhirnya muncul isu untuk menjadikan perkumpulan yang awalnya hanya group facebook ini menjadi sebuah ekskul di SMA Negeri 1 Tegal.

So we did it, dan setelah proses administrasi beberapa waktu, akhirnya jadilah Smansa Cyber Group menjadi sebuah ekskul baru. I feel at home, sebelum ada SCG dulunya saya ga ikut ekskul apa apa. Ya merasa ga ada yang cocok aja sih.

Konsep SCG ini cukup asyik menurut saya, setiap hari Kamis kami akan berkumpul setelah sepulang sekolah, kami mengadakan sesuatu yang hari ini mungkin disebut tech talk. kalau teman-teman pernah lihat BukaTalks nya BukaLapak, kurang lebih konsepnya seperti itu.

Kami saling bergiliran sharing entah itu project atau ilmu baru yang kami pelajari dari berbagai bidang, seperti Sistem Operasi, Hardware, Pemrograman, etc.

Yah memang sih materinya ga advanced advanced banget, cuma yang saya rasa SCG ini banyak berperan menumbuhkan minat saya lebih jauh lagi terhadap software engineering. Saya juga belajar web disini karena kalau tidak salah saya masuk ke sub divisi web programming di divisi programming.

Saya sempat membuat web SCG dengan wordpress:

Web Wordpress SCG

Dan Juga Forum dengan vBulletin

vBulletin when it still cool

dan ada beberapa project yang saya juga buat dengan beberapa kawan saat masih aktif di SCG, seperti kami mencoba bermain main dengan trik operator seluler dan SSH. kami belajar instalasi linux. bahkan sejak di SCG ini awal saya meninggalkan windows dan beralih ke linux / unix based OS. ketagihan pakai terminal nya unix.

some of us during our reuni (2014 I think).

Failed Bussiness. Pengalaman Membuat dan Mengelola Website

Waktu SMA, setelah pengalaman gagal dengan OSK dan belajar pascal. saya mencapai titik jenuh saya. maksudnya, buat apa saya belajar Pascal kalau itu enggak aplikatif dan saya lagi enggak ikut lomba ?

Akhirnya waktu jalan jalan ke toko buku saya melihat beberapa buku tentang membuat website. Saya ambil dua waktu itu yang kalau tidak salah judulnya "Membuat Website dengan PHP dan MYSQL" serta "Membuat Toko Online Dengan Codeigniter". Saya kelas 2 SMA waktu itu.

Dr belajar PHP dan MYSQL saya juga mencoba membuat beberapa website, diantaranya yang cukup berkembang adalah, saya dan seorang kawan, Aji Setiawan, membuat website untuk mendownload film.

Berbekal dengan pengetahuan yang saya pelajari, saya sempat merubah sistemnya dari yang awalnya kita menggunakan site builder menjadi dynamic dengan backend PHP dan frontend HTML/CSS seadanya.  begini penampakan web saya kurang lebih waktu itu

ya ya, so bad i know rite.

saya banyak menghabiskan masa masa kelas XI dan kelas XII SMA untuk mengeksplorasi teknologi web. Saya sempet membuat otomasi untuk web saya.

Jadi saya membuat sebuah crawler, dimana crawler tersebut akan mengcrawl RSS Feed dari website website tempat mendownload film dan akan memasukan postingan tersebut ke dalam web saya. so neat right ?

Sayangnya karena kesibukan sekolah, eh main game. saya tidak pernah benar benar serius mengelola web tersebut sehingga memang tidak pernah mencapai monetization yang tinggi.

Penutup

Jadi demikianlah awal munculnya minat saya terhadap dunia programming dari saya kecil hingga masa-masa SMA. ditulisan yang mendatang saya akan melanjutkan cerita saya dengan bagaimana saya memulai karir yang lebih serius di dunia software-engineering.

Mungkin Ada banyak hal yang terbuang dari masa SMA seperti kesempatan untuk membangun pertemanan yang luas dan menyenangkan. tapi rasanya kalau waktu diulang kembali saya tetap akan melakukan hal yang sama karena inilah definisi menyenangkan buat saya.

Saya menulis ini karena mencoba mengingat, bahwa sebenarnya saya memulai karir ini dengan mencoba menyelesaikan masalah masalah saya sendiri, ketimbang dengan minat untuk mencari uang. I love this field. Bahwa kemudian saya mendapat skill dimana akhirnya skill tersebut menjadi mata pencaharian saya, itu bonus.

Saya rasa itu kunci untuk belajar apapun. Minat. anggaplah kalau nantinya dapat uang itu hanya sebagai bonus saja.