Ingin mencoba melepas keterikatan personal di sosial media

Halo lagi, 2 artikel dalam kurun waktu berapa jam. Sebuah prestasi memang.

Jadi di artikel ini ada yang ingin saya bahas. utamanya adalah saya merasa sosial media menjadi cukup toxic untuk saya. mungkin tidak untuk kamu, tapi Iya untuk saya.

well tapi artikel ini bukan tentang saya ingin "menghilang" dari semua sosial media seperti beberapa orang. Saya merasa sosial media memiliki peranan yang sangat penting. oleh karena itu saya ingin mempertahankan beberapa aspek darinya.

Hanya saja saya ingin membuat sebuah batas, memisahkan kehidupan personal dan profesional saya di social media.

Beberapa waktu saya sempat membuat workshop dan dari workshop tersebut, ada beberapa yang mencoba reach out ke saya dengan meng-add facebook saya. dan menanyakan tentang masalah workshop melalui private message.

Jujur saja saya bukan orang yang cukup ramah. Kalau ada yang mencoba reach out pekerjaan / tutorial yang saya tulis melalui sosial media personal, biasanya tidak akan saya balas. bukan apa-apa. tapi, ya namanya juga personal kan.

Alasan kedua adalah ya sosial media mulai menjadi toxic untuk saya, saya merasa membuka linkedin, facebook, melihat orang-orang keren. ya mungkin sebagian orang akan menjadikanya motivasi.

Tapi bagi saya sendiri, saya merasa melihat mereka adalah semacam pengingat bahwa betapa masih belum ada apa apa nya saya ini.

Ditambah lagi banyaknya berita-berita hoax dan semacamnya. Orang ribut-ribut. meme-meme yang gak penting penting amat juga sebenernya. It's all distracting.

tentu sebagai generasi milenial yang nyerempet generasi Z saya mungkin mengidap FOMO atau takut kudet. tapi kalau saya terus mengikuti rasa FOMO saya itu, saya tidak akan kemana-mana. akan sangat banyak waktu saya yang terbuang sia-sia.

Sebelumnya saya sempat menjadikan facebook tempat untuk mencoba berlatih melempar ide. karena saya pikir saya hanya akan menulis di blog untuk tulisan-tulisan yang menurut saya layak.

Well, Sekarang tidak lagi. saya ingin mencoba menjadi lebih selow dalam menulis di blog. saya akan mencoba bereksperimen dengan ide dan menulis tulisan tulisan draft didalam blog saya juga.

Saya rasa itu akan lebih menyenangkan karena di blog saya, saya merasa konten menjadi milik saya sendiri.

Oh ya saya akan tetap cross-posting artikel-artikel yang memungkinkan di crossposting ke medium. tapi mostly bakal tulisan-tulisan non-teknis begini yang gampang di copy-paste. kalau tutorial dan sejenisnya akan saya posting di blog saya di http://hanipcode.com

Oh ya, untuk masalah reach out reach out an juga, saya membuat page untuk blog ini dimari: https://www.facebook.com/hanipcode

Saya akan tetep pake sosial media tentunya, tapi hanya untuk share link tulisan lebih lengkapnya di blog saya ini.

See you in the next post